el_cute: Memperindah tampilan Terminal

Minggu, 27 Maret 2011

Memperindah tampilan Terminal

Waw, lama tak update tulisan yg baru. Maklumlah namanya juga lagi sibuk Sibuk pacaran, twitteran, sama chatting.

Eh, maaf ya kalo tulisan aku kali ini tidak begitu bermakna dan udah ketinggalan jaman. Tapi mungkin berguna :)

Anda semua bosen terhadap tampilan terminal anda? Eh maaf, ini bukan terminal yg biasanya tempat bus atau angkot, tapi tentang terminal (  consule ) yang ada di Linux ( khususnya Ubuntu ). :D Okeh Okeh Okeh, langsung saja. Pertama-tama yang harus anda siapkan adalah sebuah PC / Laptop yang di dalamnya memakai OS Ubuntu + jaringan internet yang cukup.

Okeh, langsung buka terminal, ketik sudo apt-get install  fortune cowsay Kalo sudah, langsung tekan enter. :) Tunggu sampai proses bener-bener selesai. Kalo ga selesai, maka tidak akan berguna. * ya iyalah *

Dan yang selanjutnya, masih di dalam terminal ketik sudo apt-get install figlet Tunggu lagi sampai selesai. Cepat tidaknya selesai tahap ini tergantung sama jaringan yang anda miliki. :)

Lalu lanjutkan dengan mengetik perintah ( masih di dalam terminal ) sudo gedit /home/nama home/.bashrc Maka dengan otomatislah jendela gedit akan terbuka lebar. Nah dibagian paling bawah/akhir copas tulisan dibawan ini :

# Modification Terminal
cowsay -f cheese “Selamat Datang di palinukan.org”
echo
#Figlet nama
figlet -f smslant “PALINUKAN”

Jangan lupa di save dan quit. Kemudian tutup juga jendela terminal anda. Tarararararararaaaaaa!!!! Apa yang terjadi? Terminal anda akan seperti yang ada di Linux Mint :)

Dan kalo anda ingin merubah gambar sama font, monggo buka Nautilus. Kemudian buka File System –> usr –> share –> cowsays –> cows Nah disana anda akan melihat begitu banyak file .cow bukan. Perhatikan nama filenya!!! Kemudian buka juga File System –> usr –> share –> figlet Nah disana anda juga akan melihat banyak file .flf dan kembali Perhatikan nama filenya!!! Kalo sudah, buka kembali terminal dan tuliskan lagi perintah sudo gedit /home/nama home/.bashrc Begitu jendela gedit terbuka, silakan diganti

0 komentar:

Posting Komentar

 

MP3™

Powered By Blogger

Follow

Powered By Blogger

© Black Newspaper Copyright by el_cute | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks